Senin, 04 Mei 2009

The Uban

Pagiiii...

Akhirnya bertemu kembali dengan hari Senin, kembali ke aktifitas semula lagi setelah melewati Sabtu dan Minggu untuk istirahat.

Weekend kemarin, rumah sepiii karena Papa nggak ada. Pulang kampung beliau, jadilah rumah cuma di huni gw, abi, didit (cuma ampe sabtu siang pula) dan mama (sepanjang Sabtu berdiam di rumah temennya yang lagi punya acara resepsi). Akhirnya bar di hari Minggu gw, Abi dan mama duduk2 sambil ngobrol.

Ada yang bertanya2 mungkin yah, siapa sih Abi ini??? Abi ini adik gw yang bungsu, dia masih kuliah tingkat 2 di sebuah universitas swasta di kawasan Depok dan sekitarnya. Kita bertiga cuma ngobrol ngobrol ringan sambil nonton TV. Tiba-tiba si Mama triak "Abi, ada uban di kepala kamu!" (Ngga triak banget2 sih, lebay ajah gw :p)
Jadilah adikku itu shock dan panik, "Mama!!! Cabutin!!! Kok bisa ada uban sihhh..."
Hahahahahhahaha, sumpah ngakak abiss liat reaksinya adikku itu. Jadilah gw bertanya-tanya "Iya ya kenapa adik gw ini bisa beruban?" Yah..segeralah saya utak atik nanya2 ke om google. Inilah hasil yang sayah dapat.

Uban yang muncul di usia muda lebih banyak karena faktor genetik atau keturunan. Uban terjadi karena pigmen rambutnya sudah tidak ada lagi padahal pigmen inilah yang menentukan warna rambut. Orang Asia memiliki pigmen rambut yang disebut dengan eomelanin. Karena pigmen eomelanin berwarna gelap atau hitam, maka tak hanya kulit tapi rambut pun ikut berwarna gelap. Selain itu ada sebagian orang yang tubuhnya memang tidak bisa memproduksi pigmen. Misalnya pada kasus albinism (albino) dan vitiligo. Sehingga rambutnya pun tidak bisa berwarna hitam.
Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan berkurangnya kadar pigmen sehingga rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih (beruban). Selain itu juga seseorang yang menderita penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis penyakit kekurangan darah juga bisa menyebabkan rambut beruban. Terakhir adalah pemakaian zat kimia, misalnya cat rambut atau pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi.

Nahh...berdasarkan hasil yang gw dapat itu, gw menyimpulkan. Sepertinya kemunculan "the uban" ini di kepala adik gw lebih dikarenakan faktor pemakaian zat kimia dalam hal ini sampo. Karena mama dan papa gw itu baru muncul uban beberapa waktu ke belakang, belum lama ini. Kalo faktor gizi, adik gw ini termasuk tipe manusia pemakan makanan yang amat bergizi.

Sebaiknya jangan gunakan cat rambut terlalu sering. Apalagi jika kulit kepala Anda tergolong sensitif, sebab kondisi ini bisa memicu dermatitis kontak atau eksim pada kulit kepala. Gunakan sampo yang tidak terlalu alkalis (terlalu berbusa), sehingga malah membuat rambut menjadi terlalu kering. Lebih bagus lagi jika menggunakan kondisioner rambut secara terpisah.

Baiklah...itu dulu saja yah, harus kembali ke aktifitas pekerjaan yang menumpuk nih. Nanti waktu istirahat siang, gw teruskan lagi topik2 weekend gw yang lain. Bubye!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar