Minggu, 23 Agustus 2009

Film India berjudul New York


Sekitar sebulan yang lalu gua baca sebuah review film di The Jakarta Post, filmnya berjudul 'New York'. This is Indian movie guys. Ngga lama setelah gue baca review nya di koran elite itu, gue lihat juga status facebook seorang penulis favorit gue yang memuji-muji itu film. Penasaran? Pasti. Tapi film itu hanya diputar di Bliz Megaplex, berharap-harap di dalem hati semoga ada yang jual bajakannya.

Kemarin siang, gue iseng ke Mbak-mbak DVD langganan gue, dan gue menemukannya. Senang? Biasa ajah sih, secara gue belum nonton jadi belom tahu seriusan bagus atau ngga tuh film. Sehabis teraweh baru gue nonton 'New York'.

Fokus film ini adalah tentang tragedi 9/11, tapi jangan bayangkan isinya adalah tembak-tembakan. Karena jauh dari itu. Seperti umumnya film-film India, tentunya ceritanya ngga lepas dari drama percintaan. Tapi ngga ada adegan nari sambil nyanyi-nyanyi kayak di film-film yang biasa beredar kok.

Omar (Neil Nitin Mukesh) seorang warga negara India yang datang ke New York karena mendapat beasiswa di New York University. Di hari pertamanya di universitas tersebut, dia bertemu dengan Maya (Katrina Kaif), wanita India-Amerika yang menjadi konselornya. Di hari yang sama Maya mengnalkan Omar pada pelajar India-Amerika yang lain yaitu Sam (John Abraham). Setelah itu ketiganya menjadi sahabat baik, walaupun ternyata Omar jatuh hati pada Maya dan sayangnya Maya mencintai Sam. Omar akhirnya menyimpan saja perasaannya dan berbahagia dengan pilihan Maya.

Ada tokoh lain yaitu Detektif Roshan, dia adalah detektif dari FBI yang menyelidiki mengenai gembong-gembong teroris. Dia juga seorang keturunan India dan muslim. Di hari ketika Omar ditangkap, detektif Roshan memaksa Omar untuk mengakui bahwa dia juga merupakan kawanan teroris yang dipimpin oleh Sam. Omar menyangkalnya, karena dia dan Sam sudah tidak berhubungan lagi selama 7 tahun. Ya, Omar pindah ke Philadelphia tepat sehari setelah tragedi 9/11 itu. Akhirnya Omar diminta untuk bercerita mengenai pertemanannya dengan Sam. Dengan berbagai cara detektif Roshan membujuk Omar agar mau menjadi soft agent untuk FBI supaya mereka bisa menangkap Sam. Mau tidak mau Omar bersedia. karena dirinya terancam menjadi tersangka teroris jika tidak ikut membantu. Tapi sebenarnya Omar punya misi lain yaitu membuktikan dirinya dan Sam bukanlah kawanan teroris.

Mulailah kembali pertemuan 3 sahabat yang sudah lama tak berjumpa ini. Karena ternyata maya dan Sam sudah menikah dan memiliki seorang anak. Cerita mulai menarik, karena banyak kejutan-kejutan yang tak terduga. Akhirnya gimana? Tonton sendiri ajah, yang jelas big applause gue kasih buat Kabir Khan yang jadi sutradara film berdurasi 2 jam 25 menit ini. Amat menarik sekali filmnya.

Selamat Menonton!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar