Selasa, 12 Januari 2010

Ada apa denganmu hei Indonesia?

Gue sedih, kesal, marah...
Sebenarnya dimana kesalahan mulai terjadi di bumi ibu pertiwi ini?

Selama ini gue selalu berfikir kalau yang namanya penjara adalah sebuah tempat yang memang sengaja diciptakan untuk "sekolah" bagi mereka yang sudah melakukan sebuah kejahatan. Memberikan pelajaran agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama ataupun lebih buruk dari yang sudah mereka lakukan. Mengembalikan mereka menjadi manusia yang baik seperti sebelumnya. Tidak ada perbedaan status, suku, kaya miskin, semua sama, sebagai orang-orang yang bersalah dan dihukum.

Peristiwa seorang Ibu yang mengambil buah coklat dan dihukum 3 bulan penjara sudah membuat gue cukup miris dengan keadaan Indonesia. Belum lagi ada kasus dimana ada seorang laki-laki yang mendapat ancaman hukuman 5 tahun penjara karena menghilangkan nyawa orang karena kelalaiannya. Dikarenakan dia mengerem mendadak karena mobil di depannya berhenti mendadak, sehingga istri dan anaknya terpental, dan dari arah yang berlawanan ada sebuah mobil yang kemudian menabrak istri dan anaknya. Si istri meninggal dunia sedangkan anaknya luka cukup parah. Kejadian itu dilaporkan sebagai kecelakaan tunggal dan si laki-laki sempat diadili tanpa didampingi pengacara, sedangkan si pengendara mobil yang menabrak istri dan anaknya tidak mendapat hukuman apa-apa. Hukum macam apa sebenarnya yang ada di negara kita.

Masih dalam keadaan yang bertanya-tanya, sudah ada lagi berita baru mengenai sidak ke LP Pondok Bambu. Ya ampun...bisa-bisanya segala fasilitas mewah dinikmati oleh seorang tahanan. Jadi makin bertanya-tanya, waktu vonis dijatuhkan, memangnya ada pertanyaan "Mau pesan sel yang seperti apa Pak/ Bu? Yang kelas 1? kelas 2? VIP? atau VVIP? Tarifnya beda-beda tentunya karena fasilitasnya tergantung tarif dari kelas masing-masing." Hallooo... sejak kapan ya di sel ada pembeda-bedaan? Ini gue yang nggak update berita atau memang sudah segini bobroknya hukum di Indonesia? Sudah begitu merajalelanya korupsi di negara kita? Tuhan... sampai kapan negara gue kayak begini? Miris...nggak terbayang apa yang akan terjadi sama anak cucu gue nantinya kalau Indonesia terus begini (nggak akan begini terus lah, lebih bobrok mungkin nantinya >,<).

Jadi sebenarnya apa pengertian Lembaga Permasyarakatan itu?
Apa tujuan dibangunnya Lembaga Permasyarakatan?
Kalau fasilitas yang didapatkan oleh SEORANG tahanan jauh lebih mewah dari fasilitas di rumah, untuk apa dia dimasukkan ke LP? Kenapa dia tidak diberikan tahanan rumah saja?

Ayo dong Pak Bu... Kalian hidup nggak untuk saat ini saja... Masih ada kehidupan akhirat yang merupakan pengadilan yang sesungguhnya. Tolong pikirkan masa depan anak cucu kalian, mau jadi apa mereka kalau sekarang saja Indonesia sudah begini carut marutnya.

Jeritan manusia awam hukum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar