Selasa, 23 Maret 2010

Hari gini SUKUISME?!

Sumpah Pemuda:
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Hasil rumusan Sumpah Pemuda itu dibacakan tanggal 28 Oktober 1928. Jadi udah hampir 82 tahun Indonesia memutuskan untuk bersatu padu di tengah berbagai macam perbedaan. Secara Indonesia banyak banget suku bangsanya, yang mana adat istiadat, bahasa daerah, agama kepercayaan juga berbeda-beda tapi intinya SATU yaitu INDONESIA.

Ada apa yah kok tiba-tiba saya bahas tentang sumpah pemuda, padahal momennya masih beberapa bulan lagi. Karena menurut saya hasil keputusan Kongres Pemuda di tahun 1928 itu semuanya omong kosong.

Mungkin ini sekedar ungkapan kekesalan, kekecewaan saya saja. Tapi siapa tahu ada di antara kalian yang juga mengalami kekecewaan seperti saya.

Ini hanya sebuah contoh kecil yang remeh. Ada sebuah kasus mengenai suku-suku daerah yang ada di Indonesia. Saya tidak akan menunjuk per suku, karena dikhawatirkan jatuhnya jadi rasialis.

Beberapa waktu lalu, ada seorang sahabat saya yang memiliki hubungan khusus dengan seorang pria. Sepengamatan saya hubungan mereka berjalan baik-baik saja (di antara mereka). Tapi ternyata apa yang dilihat orang tidaklah seindah kenyataannya. Kebetulan mereka berlainan suku, yang mana pihak keluarga pria menentang keras hubungan mereka. Katanya tidak boleh menikah dengan orang di luar suku mereka. Lain waktu lagi, ada juga seorang sahabat saya yang menyukai seorang wanita yang kebetulan juga berlainan suku. Dan apa yang terjadi? Kejadian yang hampir serupa pun dia alami, hanya dikarenakan sahabat saya tidak satu suku dengan si wanita, jadilah si wanita tidak berani untuk melangkah lebih jauh. Padahal feel-nya dapet banget.

Saat itu yang ada di pikiran saya adalah:
"hari ginii sukuisme!!!!"
Iya... di tengah kehidupan modern saat ini, dimana pendidikan di Indonesia sudah meningkat, tingkat ekonomi juga ngga buruk-buruk amat, kok bisaa masih aja ada segelintir orang (yang sekarang saya ragu kalau hanya ada segelintir) masih saja mengukur sesuatu berdasarkan perbedaan suku. Beda suku nggak boleh nikah, harus satu suku. Iyuuuhhh... Waktu denger tentang kejadian-kejadian tersebut, dalem hati sih saya amit-amit ya jangan sampe hal tersebut terjadi ke diri saya. Eh ya kok...

Dia yang saya pikir "sangat modern, gaul, berpendidikan tinggi, pola pikir maju" ternyata tidak beda dengan si segelintir orang yang berpikiran sempit. Saya tidak (belum) tahu ya, apakah memang hanya pihak keluarganya saja atau dia termasuk ke dalam segelintir orang itu. Iya...dia yang saya mmm...perhatikan belakangan ini ternyata SUKUISME. Kalau dia sampai menikah dengan orang di luar sukunya dia, dia akan dipecat secara tidak hormat oleh anggota keluarganya.

KAGETTTTTTTTT

Tapi ya sudahlah yah...saya menghormati pilihan setiap orang. Mereka pasti punya alasan yang kuat kenapa mereka memilih hal tersebut (yang kok di otak saya masih saja nggak masuk akal). Dengan kesadaran penuh, otak waras, walaupun sebenarnya mulai ada perkembangan menuju hal yang baik dengan dia, saya memutuskan mundur dari medan pertempuran. Saya nggak mau harus memaksakan suatu paham yang saya yakini kepada sebuah komunitas yang menganggap pola pikir saya tidak sesuai dengan mereka. Makan ati.... Lebih baik mundur sebelum semua terlanjur jauh, daripada memaksakan menjalaninya dan berujung derita.

Tapi lagi-lagi saya teriakkan:

HARI GINI SUKUISME??? KE LAUT AJA DEEEHHHH!!!!

5 komentar:

  1. huaaah... kayanya gue tau ini contoh kasusnyaaah :P

    BalasHapus
  2. dan sepertinya lo tau siapa si tersangka lain yg sukuisme dimana saya hampir jadi korban :P

    BalasHapus
  3. HARI GINI SUKUISME??? KE LAUT AJA DEEEHHHH!!!! --> like this tantehhh... ^_^

    BalasHapus
  4. HARI GINI SUKUISME??? KE LAUT AJA DEEEHHHH!!!! --> idem...Like this!!!!

    BalasHapus
  5. Tante Li & Tante Ket: marii kita buat komunitas anti sukuisme :D

    BalasHapus