Kamis, 22 April 2010

Happy Earth Day

Kemarin khusus di Indonesia merayakan Hari Kartini. Hari ini di seluruh dunia, kita ikut merayakan juga Hari Bumi yang ke-40. Pertama kali dicanangkannya Hari Bumi itu pada tanggal 22 April 1970, pencetusnya adalah Senator Nelson orang Amerika sonoh yang merupakan seorang pengajar lingkungan hidup.

Saya suka merasa horor kalau membayangkan betapa bumi kita ini sudah sangat tua. Belum lagi banyaknya bencana alam yang terjadi di muka bumi makin menegaskan betapa bumi butuh dicintai supaya kita bisa tetap merasa aman tinggal di atasnya. Cobalah kita mulai cintai dan lindungi bumi kita mulai saat ini. Nggak harus ribet jadi ahli lingkungan hidup kok buat ikut berpartisipasi, kita bisa memulai dari hal-hal yang simple.

1. Jika berbelanja, bawalah tas sendiri dari rumah. Hal ini untuk meminimalkan penggunaan plastik yang nantinya bisa mengotori bumi. Yang mana seperti kita tau, plastik itu tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme tanah.
2. Sebisa mungkin apabila bepergian pergunakanlah kendaraan umum, atau jika jarang yang akan ditempuh cukup dekat lebih baik berjalan kaki saja. Ketersediaan minyak bumi bukannya tidak terbatas, maka itu kita juga harus berfikir bagaimana caranya menghemat penggunaan energi alam itu. Bukan untuk siapa-siapa tapi juga untuk anak cucu kita nantinya. Bahkan jika harus berjalan kaki pun, kita bisa sekalian berolahraga selain menghemat energi. Dampak lain yang juga bisa kita dapatkan adalah berkurangnya polusi yang akan kita hasilkan, janganlah berfikir "kalau hanya saya yang nggak pakai kendaraan, tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pengurangan polusi". Kalau semua manusia di bumi ini berfikir seperti itu, mari kita berhitung saja menunggu kehancuran bumi.
3. Buang sampah pada tempatnya. Sekarang ini sudah banyak tempat sampah di tempat umum, bahkan ada keterangan tempat sampah untuh yang organik dan non organik. Lingkungan yang bersih akan membuat bumi menjadi lebih bersih, polusi pun bisa dikurangi.
4. Minimalkan penggunaan kertas. Untuk perkantoran sepertinya program ini sudah dijalankan, dimana laporan-laporan banyak yang dikirim melalui email. Kalupun harus mencetak ataupun memfotokopi dokumen, cetaklah dokumen bolak balik dalam satu kertas. Sehingga meminimalkan penggunaan kertas, yang mana akan mengurangi penebangan pohon. Seperti kita tahu, bahan baku kertas itu berasal dari kayu. Srmakin seikit kayu yang digunakan maka semakin sedikit jumlah pohon yang ditebang. Tentunya hal itu berdampak pada jumlah oksigen yang dihasilkan untuk manusia. Bumi akan tetap hijau.
5. Mematikan alat elektronik dan lampu yang tidak digunakan. Hargailah energi yang ada, siang hari cukup pakai penerangan dari sinar matahari saja. jangan hanya bisa protes, PLN kinerjanya nggak bagus selalu melakukan pemadaman bergilir. Halloo...apakah kamu sudah bijak menggunakan energi listriknya?
6. ..... etc.

Ayoo...jadi apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga bumi ini? Tidak ada kata terlambat untuk menyelamatkan bumi, mulailah hari ini untuk masa depan manusia bumi.

HAPPY EARTH DAY PEOPLE!!!
^o^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar