Kamis, 06 Mei 2010

Ayam Bacem Enak

Mulai berfikir untuk menerima pesanan 'ayam bacem'.

Weekend kemarin, dikarenakan Mama saya tersayang sedang tidak begitu enak badan. Yang tentunya membuat beliau males masak, padahal ada 3 kepala yang harus dikasih makan. Saya putuskan untuk turun tangan membuat masakan. Tapi saya yang pemalas ini, tentunya ogah berat kalau 2 hari weekend saya harus dihabiskan di dapur, jadilah saya memutuskan untuk membuat bacem ayam saja.

Bahannya nggak susah, cuma ayam saja yang sudah di potong-potong. Atau kalau mau bentuk utuh juga nggak apa-apa. Bumbunya, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, gula jawa dan garam. Haluskan semua bumbunya, lalu di balurkan ke ayamnya, diamkan dulu setengah jam supaya meresap. Tambahkan air secukupnya lalu di ungkep sampai airnya menyusut. Kenapa saya memutuskan membuat makanan satu ini? Praktis, hanya tinggal di ungkep, kapan aja mau makan tinggal goreng atau dibakar, atau langsung dimakan gitu aja juga enak.

Hubungannya apa dengan bisnis terima pesenan ayam bacem ini? Sekitar sebulan lalu, waktu Mama dan Papa saya tinggal di luar kota. Saya membuatkan masakan ini juga, yang mana kedua adik saya suka banget. Tapi begitu Mama saya pulang dan membuatkan masakan yang sama, mereka nggak suka, katanya enakan buatan saya :D (bangga). Sejak saat itu, soal masakan satu ini, Mama saya memberikan kepercayaan kepada saya sebagai koki. Pernah juga pacarnya adik saya ini berkunjung ke rumah, dan saya suguhkan si ayam bacem buatan saya. Kalian tahu?? Beberapa minggu kemudian waktu dia main lagi ke rumah saya, dia nanya ke Mama saya resep ayam bacem tersebut, lagi-lagi dia bilang enak. Gong-nya minggu lalu, ternyata ayam bacem saya ini jadi hantaran juga ke rumah sepupu saya yang sedang tinggal sendiri. Dan dia langsung ngoceh ke Tante saya minta dibuatkan ayam bacem yang sama, karena enak.

Hmmm...kalau saya bisnisin sepertinya lumayan nih (otak bisnis jalan :P).

2 komentar:

  1. kalo kamu jadi bisnis ini..
    aku akan jadi pelanggan tetap.. :)

    BalasHapus
  2. aku juga pernah makan masakan ini. enak rasanya apalagi ditambah sambal tomat

    BalasHapus