Selasa, 25 Mei 2010

Es Puter Durian

Saya suka semua buah, terutama DURIAN.
Sejak kecil entah kenapa saya suka banget sama buah berkulit tajam itu. Aroma dan rasanya sukses membangkitkan selera saya buat menyantap buah satu itu.

Sayangnya kesukaan saya sama durian, menemui halangan belakangan ini. Nggak belakangan ini aja sih, saya menyadari ini sejak SD atau SMP saya agak lupa, tepatnya sejak tragedi demam tinggi.

Jadi...dulu itu saya maniak banget sama durian, sampai-sampai kalau makan durian minimal 1 bulat itu saya bisa habis sendiri. Nahh suatu ketika saat saya SD kelas 6 atau SMP kelas 1 saya agak lupa waktu tepatnya, itu dua hari sebelum lebaran. Papa saya bawa pulang duren banyaaak sekali, dan saya sukses menghabiskan 2bulet durian itu SENDIRIAN. Dan apa yang terjadi sodara-sodara, saya demam tinggi esok harinya, pusing dan muntah. Jadi malam takbiran, saya sukses tepar di tempat tidur nggak bisa ngapa-ngapain. Nah... sejak kejadian itu, entah kenapa saya nggak bisa makan durian lebih dari 3mata. 3 mata saja sudah sukses bikin saya agak pusing (tapi masih bisa di tolerir).

Beberapa hari lalu Papa saya lagi ngidam banget sama durian, pergilah beliau sama Mama untuk beli. Nggak banyak belinya (secara mahal yah boookkk) hanya 2 buah saja. Itu pun saya hanya makan 2 mata dan sisanya 1 bulatan itu dimakan Papa, Mama dan 2 adik saya. Lalu 1 bulatan lagi untuk apa? Yakk....ini yang mau saya share... saya buat jadi es puter durian.

Monggo dicatet kalau ada yang mau bikin juga, bahannya gampang kok, dan saya ngga pakai santan ya karena tidak suka. Jadi resepnya fleksibel:

300 ml santan masak atau susu (pilih sesuai selera).
300 gram daging durian tanpa biji.
300 ml santan atau susu (pilih sesuai selera).
2 sdm tepung maizena.
100 gram gula pasir (dikira-kira, bisa diicip sesuai selera).
garam secukupnya.

Cara bikinnya:
1. Blender daging durian dengan santan masak atau susu sampai halus (Adonan 1).
2. Panaskan santan atau susu dengan maizena dan gula pasir jangan lupa tambahkan sedikit garam, didihkan. Setelah mendidih sisihkan dan diamkan sampai dingin (Adonan 2).
3. Campur adonan 1 dan adonan 2 menggunakan mixer sampai halus. Masukkan ke freezer selama 1 jam dengan menggunakan suhu paling rendah.
4. Setelah satu jam keluarkan dari freezer, lalu mixer kembali. Dan masukkan kembali ke dalam freezer selama 1 jam.
5. Setelah satu jam keluarkan dari freezer, lalu mixer kembali. Dan masukkan kembali ke dalam freezer, jangan lupa naikkan suhu freezer supaya es tidak menjadi seperti es batu.
6. Setelah 1 jam sudah bisa dinikmati ^_^

Catt:
- Saya biasanya melakukan pengocokan sebanyak 4 kali untuk mendapatkan tekstur es puter yang lebih halus sehingga jadi seperti ice cream.
- Jika setelah pengocokan yang ketiga, hasil es nya keras seperti es batu, sebaiknya didiamkan dahulu di suhu ruang sebentar sambil di kocok kembali, lalu masukkan ke freezer lagi dengan menggunakan suhu yang tidak terlalu rendah.
- Es puter ini bisa diganti dengan coklat, strawberry, atau buah-buah yang lain sesuai dengan kesukaan kalian masing-masing.

SELAMAT MENCOBA!!


** Foto nanti di upload (kalau masih ada es nya :P)

2 komentar:

  1. jiyaaaaahhhh..gw kira berdasarkan judul akan ada cerita elu beli es puter durian..ternyata bikin toh...wkwkkwkww....*saluuuttt*

    BalasHapus
  2. iyahh bikin xixixixi
    kapan2 lo cobain yah ket...
    tenang...tenang...ga bau susu kok, ga berasa susunya ^__^

    BalasHapus