Rabu, 09 Juni 2010

Rachel Corrie

Masih ramai yah soal abang-abang vokalis kesukaan saya itu, dimana-mana masih aja dibahas. Saya sih nggak mau ikut-ikutan, udah muak juga sama berita yang isinya itu lagi itu lagi. Saya mau memenuhi janji saya tentang Rachel Corrie. Sejujurnya begitu tahu mengenai siapa dia, saya jatuh kagum dengan sosoknya.

Rachel Corrie itu aktivis wanita berkewarganegaraan Amerika Serikat yang ikut berjuang untuk membebaskan GAZA dari cengkraman Israel. Dia lahir di Washington pada tanggal 10 April 1979. Corrie sudah memiliki pandangan mengenai perjuangan hak sesama manusia sejak dia kecil. Dia pernah berpidato dan mengatakan akan memperjuangkan nasib anak-anak yang kelaparan. Rachel Corrie mulai aktif dengan gerakan kemanusiaan saat dia duduk di bangku kuliah, dia bergabung dengan Olympia Movement for Justice and Peace lalu masuk juga ke International Solidarity Movement (ISM). ISM sendiri didirikan pada tahun 2001, tujuannya adalah untuk menjalankan aksi damai melawan kekejaman Israel. Di tahun 2003, Rachel Corrie berangkat ke Rafah di jalur GAZA dan mengikuti pelatihan aksi damai selama dua hari. Corrie meninggal pada tanggal 16 maret 2003 karena dilindas buldozer Israel. Saat itu, dia berupaya menghentikan penggusuran paksa rumah milik warga Gaza oleh Israel.

Atas niat tulus dan luhurnya tersebut, serta perjuangannya yang tidak kenal lelah sampai akhir hayat. Nama Rachel Corrie pun diabadikan sebagai nama kapal pembawa relawan-relawan gerakan kemanusiaan. Semoga akan muncul Corrie-Corrie yang lain, yang tak kenal lelah memperjuangkan hak sesamanya.

Sumber: www.republika.co.id; en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar