Jumat, 05 November 2010

Underground - Ika Natassa

Saya mau bahas soal hadiah ulang tahun diri saya sendiri yaitu novel Underground Ika Natassa edisi ke-2. Dikarenakan ada yang nyasar ke blog saya melalui search engine dengan keyword novel Ika ini. Kan kasian yah bookk udah nyasar nggak nemu apa-apa pulak.


Sinopsis yang saya dapatkan dari sini:

Selamat datang di Underground, stasiun televisi musik terbesar di Amerika Serikat, tempat para entertainer muda dan VJ, icon kehidupan metropolis, menjalani hari-hari normal mereka, itu jika anda bisa bilang bahwa hidup 10 jam sehari dalam sorotan lampu studio, terbang bolak balik dengan Marquis Jet meliput AmsterJam dan Live 8, dan berpose untuk cover Rolling Stone biasa-biasa saja. Di bawah kilatan blitz, segalanya tampak sempurna. Liv baru saja dinobatkan menjadi salah satu dari 50 Most Beautiful People in the World. Stefan, the most eligible bachelor in New York, sukses mengembangkan sebuah celebrity online promotion company. Gavin berhasil membawa band-nya masuk major label. Claire diperebutkan MTV dan VH1. Heather dan Jared menikmati setiap detik cinta lokasi mereka. Shareef dan Aaliyah bisa menggantikan Brad Pitt dan Angelina Jolie berpose di majalah W sebagai keluarga Amerika sempurna.

Agak kaget baca hasil karya Ika Natassa yang ketiga ini, karena dua novel yang sebelumnya memiliki benang merah yang sama, kehidupan dunia orang perbankan. Tiba-tiba saya mendapati Underground yang banyak membahas dunia pertelevisian khususnya chanel musik. Ataukah hal ini dikarenakan Underground ditulis saat dia masih berumur 19 tahun?

Ceritanya simple, saya seperti sedang membaca buku harian seorang Liv disana. Perlu diketahui Underground memakai pengantar Bahasa Inggris, tapi tidak menjadi kendala untuk memahami tulisan Ika. Saat saya sudah menuntaskan bacaan yang menarik ini, saya membaca sebuat twit di TL saya yang menanyakan kepada Ika kenapa tidak ada versi Indonesianya. Hmmm... saya berpikir akan sangat aneh apabila Underground harus diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Penghayatan saat membaca Underground akan berbeda, karena nama tokohnya saja sudah menunjukkan mereka orang asing, lokasinya pun bukan di Indonesia, belum lagi celetukan-celetukan cerdas yang humoris akan berbeda maknanya jika diindonesiakan. Underground tetap jauh lebih menarik dengan Bahasa Inggris.

Awalnya saya ragu bisa menuntaskan bacaan ini dengan cepat, novelnya tebal hampir 400 halaman, bahasa inggris, tokohnya banyak dengan karakter yang berbeda-beda dan tulisannya terlalu kecil. Ternyata dalam waktu 3 hari saya sudah tuntas membaca seluruhnya. Kalimat yang Ika gunakan enak untuk dibaca, bahasanya pun tidak memakai "istilah-istilah pintar" yang njelimet tapi tetap cerdas penyampaiannya. Saya sempat mengirimkan sms kepada seorang teman "demi apa ini tulisan anak 19 tahun? kalau dia nggak pintar pasti dia memang diberkahi bakat menulis yang luar biasa" karena memang ceritanya menarik. Lirik-lirik lagu yang disisipkan di setiap pergantian babnya juga pas.

Tokoh yang saya sukai tentulah si tokoh utama Liv Hunter, siapa sih yang nggak mau jadi si sosok cantik, pintar main piano, disenangi semua temannya, wise, punya pacar yang adorable banget, yang kalau di dunia nyata tentunya nggak ada sosok sesempurna ini. Tadi kan baru tokoh yang disukai yah, tentunya ada yang PALING saya sukai ya siapa lagi kalau bukan Stefan (pacarnya Liv), sosok Stefan nih sempurna banget dengan semua kekurangannya yang suka jealous nggak jelas. Heran deh saya selalu jatuh cinta dengan semua tokoh pria di novel Ika, dari mulai Adjie di AVYW, dr. Beno di Divortiare dan sekarang Stefan di Underground.

Garis besarnya, Underground dengan setting dunia pertelevisian membahas banyak tentang hubungan persahabatan. Dan ini bukan novel si jahat dan si baik, nggak ada tokoh protagonis dan antagonis di sini. Masih berharap ada spoiler? Wah maaf saya nggak bisa kasih. Mending langsug baca sendiri aja novelnya, nikmatin setiap debar penasaran buat ngabisin seluruh novelnya.

Info ya.. ini novel pertama Ika yang penjualannya memakai sistem self publishing. Jadi kamu nggak akan menemukan novel ini di toko buku saat ini. Pembeliannya bisa langsung menuju www.nulisbuku.com (sumpah ga dibayar buat promosi kok).

Happy reading...

**Gambar diambil dari sini

2 komentar:

  1. bagus kok, coba beli dan baca deh *sumpah ngga dibayar*

    BalasHapus