Sabtu, 17 Desember 2011

Sarapan yuk!

Setiap weekend tiba, dimana saya udah selesai ngebabuin diri sendiri, masalah perut pasti jadi prioritas utamanya.

Walaupun menurut orangorang di sekeliling saya, makanan sarapan yang saya buat cenderung anehaneh, tapi mereka ikutan makan juga kok. Bukan berarti ngga enak yah, cuma mereka mikirnya ngga simple ajah, sarapan menyusahkan diri sendiri.

Ngga banyak makananmakanan itu yang sempat saya ambil gambarnya sebelum kalap dihabiskan. Berikut diantaranya:

mie susu

Disebut Mie Susu, karena memang saya membuatnya pakai susu. Alasannya biar sekalian aja, makan sekaligus minum susu :D. Ini bahannya pakai mie instan rasa soto. Saya rebus mienya dulu, terus ditiriskan. Selanjutnya mendidihkan susu, kasih perasan jeruk nipis, lada, sambal dari cabe rawit, sedikit bumbu dari mie instan (sesuai selera), potongan daun kucai, sama potongan jeruk nipisnya. Begitu mendidih saya siram di atas mie yang sudah di rebus, diberi potongan telur rebus sama pakai kerupuk. Nikmat!!

sop mie

Nah kalau ada sayur yang masih bersisa, jangan langsung dibuang saja, sayang. Selama ngga basi, dimakan aja, masih banyakyang kelaparan di luar sana, jangan sekalikali buangbuang makanan. Sarapan itu saya buat juga kolaborasi sama mie instan, kebetulan masih ada sepanci kecil sop daging sisa makan malam. Jadilah saya rebus mie instan, angkat begitu matang. Lalu saya panaskan si sop dagingnya sampai mendidih dan saya siramkan di atas rebusan mie-nya. Saya ngga pakai sama sekali bumbu mie instannya, tapi lagilagi itu sesuai selera ya. Niat saya memang mengganti nasi menjadi mie.

yang ada aja

Makanan itu ngga punya nama, karena emang dasarnya saya makan aja apa yang ada, hehehe. Kebetulan Mama saya masak sayur bayam dan sudah ada tahu goreng. Akhirnya ya saya potong kotakkotak si tahu gorengnya, lalu saya campur dengan sambel kecap (cabe rawit, bawang merah, tomat dan kecap). Sudah deh, langsung saya makan pakai roti tawar, sambil diselingi nyeruput sayur bayam.

donat kampung

Kalau donat kampung ini emang dibikinnya dengan niat buat ngemil dan sisa adonannya saya simpan di dalam kulkas untuk sarapan. Saya akan bagi resepnya disini, dijamin jadi deh donatnya. Saya berkalikali bikin donat selalu gagal, begitu nemu resep ini yang saya lupa dari blognya siapa dan saya coba, berhasil!!

Bahan:
500 gram tepung terigu
50 gram susu bubuk
100 gram gula kastor (saya pakai gula pasir biasa)
75 gam mentega
3 kuning telur
2 sdt ragi instan
225 gram air hangat

Cara membuat:
- Campurkan semua bahan menggunakan mixer sampai kalis (+/- 20 menit).
- Diamkan +/- 30-45 menit sampai mengembang.
- Kempeskan adonan, lalu cetak.
- Goreng adonan yang sudah dicetak sampai kuning keemasan.
- Biarkan dingin, gulingkan pada gula halus.
- Siap dimakan.

Saya hanya menggoreng 1/2 resep saja, sisanya saya masukkan ke dalam kulkas dengan ditutup serbet untuk digoreng keesokan harinya. Hasilnya donat tetap empuk, tidak keras. Silakan buat yang mau coba untuk cemilannya, nanti laporan ya hasilnya gimana.

11 komentar:

  1. Ya gimana ga ikutan pada maem.. Orang terlihat nikmat begitu... mnelan ludah aku...
    lam kenal...

    BalasHapus
  2. kreatif juga ya bikin kie pakai susu :)

    untung aku baru saja makan malam, kalau nggak bakal kelaparan dah liat foto2 di atas :)

    BalasHapus
  3. @choirunnangim hahaha padahal menurutku penampilannya ga bgitu menarik, kl dicicip baru berasa enaknya...makasih ya udah mampir, salam kenal juga :)

    BalasHapus
  4. @Ely Meyer idenya dari ramen tomyam kesukaan aku mba :D
    bisa aja nih mba ely

    BalasHapus
  5. Heee... mi susu @_@
    Hm,
    tau gak sih mbak,
    aku mikir tulisan I love lajang dan menikah yang ada di sidebar mbak. Itu maksudnya apa yah...

    BalasHapus
  6. @Untje van Wiebs kenapa? ngga suka susu ya?
    oh aku mengikuti postingannya blog itu dan suka sm tulisan2nya, Lajang dan Menikah itu blog yang berisi kumpulan curcol cerita para perempuan menikah dan lajang, yg ngelola itu mba okke sepatu merah, mba nita sellya sama mba icha rahmanti.. dan karena aku masih single, jd pasang badge-nya yg "I'm Single"
    tapi skrg ngga tau knp, udh ilang aja gt link badge-nya di blognya

    BalasHapus
  7. waduh keliatannya enak nich makanannya...
    nggak ada salahnya nnti dicoba ah...
    btw suka juga khan dgn lagu ya...suka dengerin radio Lite Fm Jakarta nggak?..itu lagunya enak2 lho mb...80'90'an...
    ok happy blogging !
    #resepnyathxya

    BalasHapus
  8. @bensdoing selamat mencoba! :D
    eh Lite FM? ga pernah dengerin, nanti saya coba cari deh frekuensinya, waduhh makin aja nih terjebak di era 80'90'an hehehe

    BalasHapus
  9. waduh baru pernah denger nih mie pake susu.. :D

    BalasHapus
  10. @Arman dicobain makanya ko, rasanya 11-12 sama soto betawi :D

    BalasHapus
  11. . ‎​;)
    <∏--(y) ː̗̀(*)ː̖́ ♏ªήtªz ː̗̀(*)ː̖́
    _[ \_,,makin banyak kuliner indonesia

    BalasHapus