Sabtu, 04 Februari 2012

Tom Yam Cinta

Sudah lama saya nggak masak untuk keluarga. Akhirnya terlaksana juga masak di Sabtu yang sejuk ini. Kali ini menunya Tom Yam Cinta, saya akan bagi resepnya di sini.

Bahan:
250 gram udang, bersihkan dari kulit dan kepalanya, belah punggungnya, cuci bersih.
150 gram cumicumi, bersihkan dan potongpotong.
10 batang crabstick*, potongpotong.
15 buah jamur kancing, potongpotong.
1500 ml kaldu seafood**
2 batang daun ketumbar, rajang.
7 lembar daun jeruk.
3 batang serai.
1 ruas lengkuas, memarkan.
10 sdm kecap asin.
3 buah jeruk nipis (bisa ditambah atau dikurangi, sesuai selera).
1 1/2 sdt garam (sesuai selera).
2 sdm gula pasir (sesuai selera).
12 buah cabai rawit, geprek pangkalnya.
2 sdm minyak untuk menumis.

Bumbu halus:
12 buah cabai merah besar.
8 butir bawang merah.
8 butir bawang putih.
2 sdt terasi bakar.

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan matang. Masukkan ke dalam kaldu seafood bersama dengan lengkuas, serai, daun jeruk, sampai mendidih.
2. Masukkan udang dan cumi, kemudian kecap asin, air jeruk nipis, garam dan gula.
3. Masukkan jamur dan crab stick, terakhir masukkan cabai rawit dan rajangan daun ketumbar.



Setelah mendidih, siap dihidangkan. Sebaiknya dihidangkan saat hangat.

belum sempat di hidangkan di mangkuk

Keterangan:
* Crab stick sebenarnya pengganti dari fillet kakap, karena tadi saya nggak dapat fillet kakap, jadilah saya ganti jadi crab stick. Juga lebih enak kalau pakai kerang hijau yang masih bercangkang. Saya juga tadi nggak menemukan kerang hijau, makanya terpaksa dihilangkan.
** Kaldu seafood saya buat dari 2000 ml air yang direbus bersama kulit dan kepala udang, jika ada tulang ikan juga bisa dimasukkan. Karena ini dipakai untuk kuah tomyam, saat merebus kaldu ditambahkan juga rajangan akar daun ketumbar.

Bahan rahasianya, dibikin pakai cinta ya, biar enak :)

Kali ini cinta saya untuk Mama, Papa, tengah dan bungsu, saya berikan dalam bentuk makanan. Semoga saja mereka suka :)

Monggo silakan dicoba ya resepnya, nanti laporan hasilnya gimana :D

Have a nice weekend ^___^

18 komentar:

  1. kyaaaa... aku ngiler... >.< *lebay*

    BalasHapus
  2. Kirain cinta jadi salah satu bahannya lho... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibikinnya pakai cinta Una, biar enak :D

      Hapus
  3. aduh aku kagak suka makanan beginian mba,soalnya dilidah ada penolakan secata otomatis
    soalnya dulu dikantor aku pagi2 sering dibawain sushi tapi pas aku makan rasa'a kurang bisa diterima dilidah & perut jadi semenjak saat itu aku kaya kagak cocok makan2 begituan deh > kampuangan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku juga ngga begitu suka sushi kok
      tapi tomyam ini lain, rasanya ngga aneh kok, pas ama lidah Indonesia
      Papa Mamaku juga kan tipe Indonesia sekali yg ngga bisa makan makanan yg agak ajaib, tapi mereka bisa kok makan Tomyam, kapankapan dicoba deh mas Andy :)

      Hapus
  4. bikin ngiler fotonya, salju lagi turun begini enaknya bikin tom ya .. sayang nggak punya bahannya .. hrs beli dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapankapan coba bikin Mba El, isinya sih bisa dikreasiin sesuka kita yah, sesuai isi kulkas hehehehe

      Hapus
  5. Tiesa pandai juga memasak yach...
    gitu donk...
    #lhokokgitudonk

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang pasti bisa masak kok Mas, balik ke niat aja itu sih :D

      Hapus
  6. IHHHH HEBAT DEH BISA BIKIN TOMYAM!!!!

    Kebetulan TK suka sama nih makanan... jadi TK udah copy resepnya dan tar mu coba praktekin deh, semoga berhasil... hahahaha

    Nice Info ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba, nanti kalau udah dicoba laporan ke sini yah hasilnya gimana :)

      Hapus
  7. Semua makanan yang dibuat Mbak Tiesa kayaknya bakalan berakhiran kata 'cinta' semua nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Februari aja Fal, karena temanya soal cinta hihihi

      Hapus
  8. sekilas jamurnya kelihatan seperti jengkol.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. favoritnya mungkin ya? sampai kebayangbayang gitu :P

      Hapus
  9. dari penampaknanya kelihatan enak banget.

    kuah sup nya itu loh, bikin laper :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih enak kalau dimakan, kalau cuma dilihatin cuma bikin laper :P

      Hapus