Kamis, 08 Maret 2012

Daun Saga

Siapa yang pernah sariawan? Atau malah ngga pernah sama sekali? Wah beruntung sekali yang ngga pernah sariawan.

Saya termasuk yang sudah lama sekali ngga ngalamin sariawan, lebih dari enam bulan seingat saya. Katanya kan kalau sariawan itu garagara kekurangan vitamin C, tapi saya biasanya sariawannya karena luka. Entah itu karena kena sikat gigi atau kegigit. Dan sekarang setelah sekian lama, akhirnya si sariawan mendatangiku lagi, hiks :'( Rasanya tuh kayak semulut sakit semua, sampai gigi juga ikutan jadi linu, heran deh.

Sudah hampir seminggu saya tahan perihnya si sariawan ini, dan sekarang saya sudah kehabisan sabar. Terpaksalah saya ikutin nasihat Mama buat minum si air daun saga, daripada ditetesin abothyl hayoo, perihnya amitamit. Ada yang tahu apa itu daun saga?

Daun saga itu adalah tanaman rambat yang memiliki daun seperti daun petai cina, tapi lebih bulat saja. Bisa tumbuh liar, dan biasanya merambat pada tumbuhan inangnya. Di rumah saya, Papa sengaja menanam tumbuhan ini, bijinya disebar dekat sebuah pohon, jadi sekarang lebat sekali daunnya. Sudah berbunga juga, bunganya berwarna ungu dan bijinya sendiri berwarna merah. Kenapa Papa menanam tanaman ini? Katanya sih daun saga ini punya khasiat, selain untuk mengobati sariawan juga bisa menyembuhkan sakit batuk, radang tenggorokan dan juga panas dalam. Bahkan ada juga yang bilang bisa mengobati radang mata.

gambar diambil dari sini

Kalau untuk sariawan, sebenarnya cukup dikunyahkunyah saja daunnya sampai halus kemudian dipakai untuk berkumur. Tapi kan saya ngga suka sama rasanya, jadilah si daun saga ini diremasremas kemudian diperas untuk diambil airnya, baru kemudian airnya itu digunakan untuk berkumur. Untuk obat batuk, radang tenggorokan dan panas dalam, metodenya juga sama. Ambil daun saga secukupnya kemudian remasremas dan peras airnya kemudian diminum airnya. Rasanya itu manis, manisnya khas banget, nempel banget, ada rasarasa daunnya. Agak aneh kalau buat saya sih. Beda kalau untuk radang mata, katanya daun saga itu dihaluskan dahulu kemudian direbus menggunakan air, ambil uapnya, nahh uapnya ini dipakai sebagai obat tetes mata. Belum pernah coba juga sih saya, jadi ngga tahu bener apa ngga nya.

air hijau ini begitu masuk mulut
pengen dimuntahin aja rasanya

Ada yang punya tanaman ini jugakah?

39 komentar:

  1. kalo sariawan malah suka gua gigit2in. sakit emang tapi enak. huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiiiyy itu perih bangett yah rasanya >,<

      Hapus
    2. Agak setipe sama Arman.. kalau lagi sariawan aku suka mencet2in sariawannya.. Kadang sampe nangis2 sendiri.. haha.. abis kayaknya abis itu lebih cepet sembuh aja.. *pemikiran yg ajaib*

      Hapus
    3. astaga arman dan bebe.... kalian serem deh, huehehehe...

      Hapus
    4. setuju mba tyk, ini Bebe sama ko arman menyeramkan, udh perih kok msh digigit2 dipencetpencet >,<

      Hapus
  2. Tau dong... Dulu punya pohonnya gede hehe trus bijinya dikumpulin. :D
    Wah baru tau tuh yang daun itu hiiii emang enak yaaah @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? pohonnya gede Na? pohon inangnya mungkin yah, soalnya saga ini pohonnya tipis batangnya, ngerambat mengulir gitu, bukan pohon yg berbatang keras

      Hapus
    2. kalo bijinya malah beracun..

      Hapus
  3. Waduh aku kira selama 6 bulan sariawan, eh aku baca lagi ternyata setelah :)). Ga bisa bayangin deh, mulutnya kaya gimana. Shuuuut. Bercanda.

    daun saga bagus emang buat sariawan, kalo aku sih dari pada minum daun saga mending madu. Bagus sih bagus tapi ga wenak. Madu juga bagus loh/kecap :)) semangat sembuh.

    biasanya ga bisa mikir. Masi bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ngeri amat sariawan sampai 6 bulan >,<

      aku ngga suka madu Zal, lagipula aku alergi sama madu, kalau konsumsi madu, perutnya jadi perih terus kulirku juga jadi gatelgatel, aneh yah?

      Hapus
    2. whhhh... aneh banget dong itu. Untung aku suka :))

      Hapus
  4. Aku baru tahu kalau pohon seperti itu disebut pohon saga Miss..Sering melihatnya, kirain cuma tanaman hias..Oh ternyata daunnya mengandung antibiotik yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi nyampah bu evi daunnya itu, mudah berguguran, ngga bagus kalau menurut saya buat tanaman hias
      banyak khasiatnya memang daun ini, daripada pakai obatobatan yg kimiawi, mending kembali ke alam aja :)

      Hapus
  5. aku g punya.... jadi penasaran kayak apa rasanya daun saga itu

    hla kok sama ya penyebab sariawannya biasanya aku juga kalau sariawan karena kegigit tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau dikirimin bijinya? nanti tanam sendiri di pekarangan

      Hapus
  6. Aku kalau sariawan ga pernah makan daun saga. Aku biarkan dan lama-lama ilang sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ngga tahan sama perihnya soalnya dit

      Hapus
  7. info yang sangat baik kalau selama ini gue sariawan minum lasegar, ntr kalau sariawan lg bisa nyoba tips ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah ga tau rasanya lasegar, cap kaki tiga, adem sari dan sejenisnya itu kayak apa rasanya

      Hapus
  8. Saya dulu suka bikin prakarya pake biji itu...ditempel2in gitu...
    Bijinya merah-merah bagus. Baru tau kalo itu ada khasiatnya juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, bijinya suka dibikin buat prakarya, dulu saya juga kalau bikin kartu2 ucapan pakai biji saga ini
      dan khasiatnya juga lumayan :)

      Hapus
  9. Hehee... saya gak tahu ini. Daun Saga rasanya kayak gimana emang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. manis Fal, cuma anehh manisnya, saya sih setiap kali suruh minum airnya pasti langsung merinding, manisnya sampe bikin mual

      Hapus
  10. enak juga lho kalo di bikin teh, teh daun saga, dulu nenek saya begitu kalo ngasih cucunya yg geblek ini mba .. hehehe :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya katanya bisa dibikin teh mas, dikeringin dulu yah katanya daunnya terus diseduh pakai air panas, ahh tapi saya udah ngga suka sama rasanya

      Hapus
  11. haahhh gak bisa bayangin rasa sakitnya

    salam kenal

    follow back yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakit banget pokoknya :(

      salam kenal juga, terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  12. daun saga mmg bagus...tapi ada lagi yg lebih manjur (insyaAllah)...makan buah nanas Tiesa. Ini pengalaman aku waktu sakit sariawan lalu ada pedagang buah dingin aku beli buah nanas langsung aku makan...mmg agak2 perih gitu tapi hasilnya alhmdllh..keesokan harinya sariawanku dah hilang tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduuuuuhhhh itu kebayang perihnyaa, ngga deh mas Ben, makasih >,<

      Hapus
  13. pernah liat tapi gak pernah dikonsumsi buat obat. biasanya kalo sariawan saya kumuran pake betadine kumur. moga cepet sembuh sariawannya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama ngga nyetok betadine dan enkasari di rumah soalnya Ham, udah lama banget kalau ada yg sariawan sama Mama saya pasti dicekokin air daun saga ini

      Hapus
  14. Saya pernah tuh minum daun Saga ... tapi kalo menurut saya, sepet ... untunglah jarang sariawan. Kata ibu saya, obat ampuh untuk sariawan itu mandi jam 4 subuh, lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah sepet?? ngga salah daun tuh? manissss banget soalnya rasanya lho
      saya setiap hari mandi jam 4 subuh lho, dan tetep tuh sariawan juga :D

      Hapus
  15. ehhh ada PR untukmu mohon di check yah di blogku. makasuh sebelum dan sesudahnya^^ tapi itu juga kalo kamu mau jawab sihhh. Tpi, kalo ga juga ga apa-apa.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ya Zal kalau sempat saya kerjakan, terima kasih :)

      Hapus
  16. Alhamdulillah, saku jaraaaaang banget yang namanya sariawan (amin). Tapi kalau sariawan, biasanya aku tetesin madu, perih sih tapi enak. Kalau daun saga ini, kayaknya di deket rumahku ada. Tapi nggak yakin, apa memang daunnya mirip atau memang itu daun saga. COba deh nanti ditengok. Oh iya, thanks ya infonya, Tis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas hatihati janganjangan cuma mirip, banyak soalnya tanaman yang mirip sekali daunnya dengan daun saga ini
      sayangnya saya alergi sama madu wury makanya ngga bisa pakai madu

      Hapus
  17. rasanya manis agak getir gimana gitu.. aneh rasanya.. tapi ya namanya juga obat. heheh

    BalasHapus
  18. Mau donk bijinya buat ditanam, anakku gampang batuk nih kasian kalo minum obat kimia terus, kalo rimah dicibubur aku ambil swndiro deh bijinya, nemu blog ini pas googling daun saga . Salam kenal.

    BalasHapus