Kamis, 31 Mei 2012

Ketika Khansa Bertanya Mengenai Passion

Passion...?

Kalau ada yang bertanya tentang apa sih passion kamu Tis? Pasti deh bingung, bingung bukan karena ngga punya, justru kok banyak banget yah.

Menulis
Tanpa saya sadari, kebiasaan menulis ini sudah menempel erat dalam kehidupan seharihari. Ada kejadian apapun, sesepele apapun pasti saya tulis. Dulu saya punya buku harian yang selalu saya isi setiap harinya. Sampai kemudian kebiasaan menulis ini mulai berpadu dengan imajinasi yang suka loncatloncat di kepala saya. Berawal dari tugas sekolah membuat tulisan fiksi, berlanjutlah sampai sekarang menuliskan imajinasi saya dalam bentuk fiksi.

Hari saya sepertinya ngga lengkap jika tidak menulis satu hari saja. Blog jadi salah satu media yang saya gunakan untuk menuangkan tulisantulisan saya. Jika orang lain ngeblog mungkin memikirkan traffic-nya, saya ngga pernah peduli dengan jumlah orang yang mengunjungi blog saya. Buat saya bisa menulis di blog saja sudah membuat senang, bahagia, tempat terapi diri setelah berjibaku dengan aktivitas padat seharian. Kalaupun saya tidak menulis di blog, masih ada buku harian yang menjadi media tulisan saya. Dan menulis dengan tangan jauh lebih menyenangkan, ketika suatu saat membaca lagi tulisantulisan lama di sana, tulisan tangan itu seperti bisa menunjukkan emosi pada saat saya menulis dulu.

Beberapa waktu lalu seorang teman saya bahkan ada yang sudah menanyakan kesediaan saya untuk menjadi penulis lepas di tempatnya bekerja. Honornya kecil, tapi pengalamannya pasti bisa menambah ilmu baru untuk saya. Sayangnya ketersediaan waktu yang saya miliki sekarang belum memungkinkan untuk mengiyakan tawarannya tersebut, meskipun dalam hati saya ingin sekali. Mudahmudahan dalam waktu dekat saya bisa menerima tawarannya itu.

Memasak
Teman saya bilang, saya ini tipe perempuan yang perempuan banget. Ketika banyak perempuan sekarang musuhan sama dapur, saya justru sudah senang berkutat di dapur semenjak SD. SMP saya sudah bisa membuat balck forest sendiri begitu menginjak SMA saya bahkan sudah menerima pesanan kue :D Memasak itu menyenangkan, apalagi jika membuatkan makanan untuk orangorang tersayang. Perasaan bahagia itu akan lebih lagi, ketika melihat mereka menikmati makanan yang saya buat.

Sama seperti menulis, memasak untuk saya juga terapi. Karena tidak bisa setiap hari saya melakukan kegiatan ini, hanya di weekend saja saya bisa mengambil alih dapur dari tangan Mama saya. Membuat apapun yang sedang saya ingin buat dan menyajikannya untuk orangorang tersayang.

Traveling
Seperti halnya menulis, traveling juga merupakan passion saya. Yang mana lebih membutuhkan modal berupa uang untuk bisa melakukannya. Biasanya saya akan traveling kalau udah kepepet banget. Kepepet macam mana? Iya seperti udah benerbener suntuk sama lingkungan sekitar saya, muak sama macetnya ibukota, intinya ketika keinginan untuk menyendiri udah ngga bisa dipendam lagi. Tolak ukurnya gampang, ketika tulisan yang saya tulis lebih banyak berisi keluhan, ketika memasak menghasilkan rasa yang aneh, itu berarti saya harus pergi sejenak, berkontemplasi dengan jiwa saya.

Jika dilihat secara menyeluruh, passion saya semuanya berhubungan dengan terapi diri untuk menjadi bahagia, merasa bahagia. Tidak ada keterpaksaan, semua dilakukan dari hati, itulah passion. Mudahmudahan saya bisa terus hidup dengan ketiga passion itu. Impian saya adalah memiliki kafe kecilkecilan yang mana menjual snacsncak kecil buatan saya, di tengah aktivitas menjalankan kafe saya bisa sambil menuliskan apapun yang saya ingin tulis, uang hasil jualan di kafenya bisa saya pakai untuk traveling, yang mana cerita travelingnya bisa saya tulis kemudian dibaca oleh orang banyak :D

Jadi Mbak Khansa, kalau tanya apa passion saya, silakan disimpulkan sendiri dari curhatan saya di atas. Mudahmudahan bisa dipahami dan tentunya dirimu mau memberikan buku Beyond The Inspiration karya Ustad Felix Y Siauw untukku :D Ditunggu kabar baiknya ya :D


63 komentar:

  1. 2 thumbs
    tak doain ya...bukunya dapat.. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sel, amin mudahmudahan dapet :D

      Hapus
  2. hmm... begitu relevan antara passion satu dengan yang lain yah..


    Salam kenal,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, terima kasih ya :)

      Hapus
  3. good luck buat kontesnya!

    BalasHapus
  4. hahahaha nulis sama masak kita sama tis.. *tosss*
    sayangnya kalo traveling aku masih agak2 malas krna mudah bgt ngrasa capek.

    BUT, didoain moga dapat bukunya yah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dong aii, kapankapan bagi resepnya :D
      terima kaish ya, mudahmudahan dapet :D

      Hapus
  5. passion yg sama, cuma yg nomer 1. sisanya? well.... hehehe.... :P

    BalasHapus
  6. yya..salah satu passionku nulis juga loh...sam dong.. heheh

    BalasHapus
  7. Eh, meskipun saya laki, tapi bisa masak lho. Bukan sekedar masak, tapi beneran masak. Tapi masak bukan passion saya. :D
    Passion saya adalah membuat sesuatu yang tidak dibuat oleh orang lain. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi apakah sesuatu itu? :D

      Hapus
  8. Moga menang kontesnya ya..salam kenal, keren deh bisa masak ^^, aku juga bisa masak koq,,rebus air sama ceplok telur hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga menang, tp gpp, tetep dpt hadiah hiburan :D
      terima kasih ya :)

      Hapus
  9. klo masak aq jg bs & traveling jg bs asalkan dibayarkan heheh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yee semua juga pengen kalau dibayarin :))

      Hapus
  10. wahh..passionnya mantabs nich Tiesa..
    btw aku juga cwok bisa masak lho..
    sukses yach kontesnya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiikk kapan2 boleh ya mas ben bagibagi hasil maasaknya :)

      Hapus
  11. bahagianya nanti yg jadi pendamping Tiesa, bakalan dimasakan enak enak terus :)

    semoga menang ya kontesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha mba el yahh komennya nyerempet2 terus ke soal pendamping :))
      terima kasih mba :)

      Hapus
  12. saya juga pengen punya usaha dibidang kuliner.. hehe
    Moga menang kontes ya,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh boleh tuh, gimana kalau kita bekerjasama saja *otak bisnis jalan* :D

      Hapus
  13. wahhh, paling asyik traveling tuh sobat :)
    gua mau ja, tapi dana sob :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. same here...makanya kerjanya makin giat biar bs ngumpulin duit buat traveling :D

      Hapus
  14. hmmm, saya ikut manggut-manggut ya, :D
    susses kontesnya ya :D

    BalasHapus
  15. soal Traveling sih sama persis dengan sy.. menurut saya, backpacking, travel, naik gunung, atau kegiatan2 semcamnya bukan lah kegiatan yang bersifat konsumtif.. bagi saya, kegiatan2 itu bisa diibaratkan dengan membeli buku. jika kita benar2 membaca dan memahaminya. maka akan banyak sekali manfaat [pengalaman] yang di dapat. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benarr..setiap hal pasti ada pesannya, jadi harus pintar2 menggali ada apa sih dibalik kegiatan ini :)

      Hapus
  16. passion itu apa ya mbak titi -,-" #bengong

    hmmm bisa nulis setiap hari sepertinya seru ya mbak ^ ^, kalo trafeling saya seneng banget tuch mbak banyak tulisan saya tentang jalan jalan hehehe wahhhh istilah kontemplasi itu pernah saya denger tuch mbak "merenung ya" jalan jalan untuuk merenung ya mbak --- kalau saya jalan jalan untuk melihat hal yang belum pernah saya lihat makanya jarang jalan jalan ke tempat yang sama hohohoho

    jangan pengen bicara passion juga neehh ^ ^, oooo satu lagi kapan kapan nyobain masakan mbak titi ahhhhh "kirim ke jakarta ya :p"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajakajak dong ko kalau mau jalan2 kan lumayan bisa share cost :D

      btw...saya juga di Jakarta lho :)

      Hapus
  17. Ketiganya sama :)
    Menulis, memasak dan travelling.
    Nice post, mbak :)

    Salam kenal dari Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :)
      salam kenal juga :D

      Hapus
  18. ngeblog bagi saya adalah tempat yang tepat, sesuatu yang saya butuhkan sekaligus inginkan, satu untuk ( minimal ) dua kegiatan, membaca dan belajar menulis.

    semoga sukses di kontes, Mbak. Amin, insya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas, bisa mendapatkan informasi yang mungkin belum kita ketahui juga :D
      thanks mas :)

      Hapus
  19. bukan hny cewek lho yg bs masalah sy jg bs masak.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan2 blh dong nyicipin masakannya :D

      Hapus
  20. saya juga suka nulis, tapi saya juga suka jeprat-jepret :D
    ga punya kamera bagus sih, modal kamera ponsel 2MP doang :mrgreen:

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh cool!! saya jg senang fotofoto apalagi kalau jd model fotonya :D

      Hapus
  21. hadir lagi untuk baca-baca nih sobat :)

    BalasHapus
  22. kreatip sekali kamu tis.. Hebat

    BalasHapus
  23. aku kadang mikir jiga passion aku sebenarnya bukan jadi pegawai.. tapi jadi penulis.. hihihi.. mudah2an aja deh suatu saat nanti bisa kesampaian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminn aminnn
      mudah2an ya Nie tercapai :D

      Hapus
  24. pantesan tulisan Tisa enak enak dibaca,

    btw cewe yang pinter masak itu layak diajak kenalan lho, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jieee bisa ajaa

      saya ga pinter masak mas, cuma seneng masak, jd ga layak diajak kenalan ya? :))

      Hapus
  25. kebaqnyakn blogger memang memiliki hobi menulis, itu bagus daripada hobi menulis status lebai di dinding facebook :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aheeeyyyy, yg suka curcol di Facebook tolong dikurangi yahhh atau dihilangkan :))
      emberr setuju saya :D

      Hapus
  26. aku pun suka banget nulis dan bacaaaa....
    apalagi kalo lagi bete. semua bisa dtuangin ke dalam tulisan tanpa ada yg dirugikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bisa bikin hati lebih ringan, betenya ilang :)

      Hapus
  27. Tulisan yang menarik..
    Hmm, saya juga merasa bahwa setiap orang punya passion yang berbeda beda. Namun semuanya bisa bersifat sebagai pengembangan diri yang mendalam..
    Salam...

    BalasHapus
  28. Artikel yang sangat baguss, berbobot dan signifikan nih,,, salam kenal aja, semoga artikelnya bermanfaat,,,aminnn,,,

    BalasHapus
  29. Tips memasaknya mana? Dah ada di sini?

    BalasHapus
  30. mbak titi bisa jadi kayak chef farah quinn nih. traveling sambil masak. :P

    BalasHapus
  31. saya berkujung kesini melalui blog sahabat saya i2harmony, salam kenal. memang menulis itu menyenangkan. saya pun mengalaminya...

    BalasHapus
  32. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  33. setuju kaak :D
    passion adalah sesuatu yang benerbener bisa bikin kita seneng. tanpa paksaan dan tanpa meminta sesuatu kembali sebagai bayarannya.
    selamat yah kakak cantik yang udah menang GA ini ;)

    BalasHapus