Selasa, 22 Mei 2012

Memasak yang Simple

Semua berawal saat sahabat saya back for good dari Korea. Pas banget April lalu, Tante K ulang tahun dan mengundang kami berdua untuk makan bersama. Dikarenakan saya males ngemall dan kongkowkongkow di kafe, jadilah saya usul, gimana kalau acaranya masak dan makan bareng aja di rumah orangtuanya Tante K. Secara ya.. saya nih meskipun udah lebih dari 10 tahun bersahabat sama Tante K, tapi belum pernah sekalipun saya main ke rumahnya huehehehehe.

Dan hari itu saya, Tante Korea yang tentu saja ditonton oleh Tante K memasak makanan korea yaitu jajangmyeon dan rapokki. Sepulang dari sana saya pun bertekad mau bikin makanan Korea untuk keluarga saya. Dan hal itu tercapai 2 minggu lalu, garagara si bungsu merengek menagihnagih mana masakan Koreanya.

Yang saya buat malam itu adalah Rapokki, karena ngga ada tteok (kue beras) yang mana ngga sempet bikin sendiri tteok nya pula, jadilah saya utakatik aja bahanbahannya, yang penting si bungsu diem.

Bahan:
Sosis Ayam potong serong memanjang
Baso Ikan belah dua
Wortel potong serong panjang
Ramen
Air secukupnya


Bumbu:
Bumbu instan beli di Giant :D


    



Cara Membuat:
1. Didihkan air dalam wajan secukupnya, setelah mendidih masukkan wortel, rebus wortel.
2. Masukkan sosis ayam dan baso ikan.
3. Masukkan ramen dan juga bumbu tteopokki
4. Adukaduk, cicipi, bisa tambahkan garam, gula sesuai selera. Saya sih udah ngga nambahin apaapa, udah oke rasanya. Kalau suka yang berkuah begitu semua bahan empuk dan mendidih bisa langsung diangkat. Tapi bila suka yang kering, tunggu sampai air asat. Angkat dan sajikan selagi panas.


Rapokki ini sebenarnya adalah tteopokki yang pakai Ramen. Ra-nya itu itu untuk Ramen. Dan Rapokki ini juga merupakan snack, tapi mengenyangkan. Papa saya yang anti makananmakanan yang anehaneh, malam itu ikut gabung makan rapokki, katanya enak, cocok sama lidahnya. Rasanya yang pedas, agak ada semburat manis dari wortel dan gurih, bisa diterima dengan baik oleh lidah Papa. Percobaan pertama sukses.


Maaf ya foto penyajiannya sama wajanwajannya, soalnya males nyuci piring sajinya. Lagian niatnya biar bisa makan samasama sambil ngelilingin si wajan, jadi si rapokki tetep masih panas :D

Makanan kedua yang saya buat adalah Kimchi Jjigae. Saya membuatnya di Minggu pagi, niatnya untuk sarapan pagi.

Bahan:
Kimchi (bisa dibeli di supermarket)
Tuna kalengan (saya beli yang pedas)
Bawang bombay
Sedikit minyak untuk menumis
Air secukupnya
Garam dan Gula




Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay sampai harum.




2. Masukkan tuna, tumis sampai matang
3. Masukkan kimchi yang sudah dipotongpotong. Saya membeli kimchi yang masih utuh, jadi pastikan untuk memotongnya terlebih dahulu.
4. Tambahkan air sesuai selera, karena saya menyukai makanan berkuah, maka saya memberikan airnya cukup banyak, seperti akan membuat sup.
5. Bubuhkan garam dan gula sebagai penambah rasa.
6. Setelah mendidih, angkat dan sajikan hangat.


Kimchi Jiggae ini rasanya pedas, asam, gurih, enak pokoknya. Segar, apalagi jika dimakan ketika udara sedang dingin dan dimakan selagi panas.

Ya kali gitu siapa tahu ada yang pengen bikin makananmakanan Korea yang ngga ribet. Masakan Korea ngga ribet kok, asal ada bumbu instannya, huehehehehe. Yahh jangan anggap memasak itu sulit, masak gampang kok. Dan dua resep makanan di atas adalah makanan tersimple yang pernah saya buat. Selamat mencoba J

36 komentar:

  1. saya catat ya bahan2 dan cara ngebuatnya :)

    BalasHapus
  2. sukses bikin saya nelen ludah berkali-kali... XD
    enak-enak masakannya...
    saya baru tahu ternyata kimchi juga di jual di supermarket. liat di tv, saya kira cuma bisa dibuat trus difermentasi sendiri di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman sekarang apa sih Ham yg g bisa dibeli di supermarket hihihihi

      Hapus
  3. Hehehe..Kakak yg baik. Meski pakai bumbu dan bahan-bahan instant, okeh juga tampaknya...Yang penting niat menyenangkan keluarga sdh kesampaian ya Miss :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bu, udah janji soalnya saya :)

      Hapus
  4. wah lumayan nih buat sahur :)
    delivery ya Miss ke Bandung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri aja gimana Di? :D

      Hapus
  5. Huaaaaah... padahal pengen, tapi pas baca kata2 "pedas" langsung nyerah deh. Temen makannya di rumah ga suka pedes sama sekali. Kadar pedesnya baru nyampe bumbu cabenya indomie nih.. -__-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja be...pedesnya ga tajem kok :p

      Hapus
  6. kayaknya pedes banget ya mbak?
    tapi tampilannya kurang menarik ya?
    hehehe

    ngomong ngomong nie..
    jajangmyeon ntu kalo di jawa artinya jajanan kucing :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ngambil fotonya ga diatur, ga diwadahin jdnya keliatan ga menarik hihihihii

      jajanan kucing itu yg saya tahu sego kucing :P

      Hapus
  7. wew, lagi iseng and rajin masak memasak nih ceritanya, boleh juga, kirim satu mangkuk ya ke tempat saya, hahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl masak langsung di rumah mas stumon kayaknya lebih enak deh hahahaha

      Hapus
  8. hmmm..pagi2 dah ngeliat masakan spt ini...ngacay dah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo bikin mas ben, enakkk tahuuu :D

      Hapus
  9. Wah sudah jadi chef skarang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. chef di ruamh sendiri sih udah dari dulu hihihihi

      Hapus
  10. ngiler lihat foto fotonya ....
    aku pernah makan kimchi, tapi rasanya kok gimana gitu ya, maklum lidah njowo :D

    btw, kamu pinter masak aneka masakan yg Tiesa, salut deh, ntar beruntung yg jadi pendampingmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ga semua orang suka kimchi Mba EL, adikku juga ga suka terlalu asam dan bumbunya terlalu tajem katanya
      makanya terus diolah jadi kimchi jjigae ini, rasa asam sama tajamnya si bawang putih jd ga begitu terasa lagi, sedap lah pokoknya :D
      hobi lama Mba El masak memasak itu, bisa bikin suasana hati jadi senang :)

      Hapus
  11. yayayay..
    aku lapeeeeeeeeeeerr... hhuhu >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo makan makan kalau lapar hihihihi

      Hapus
  12. Aku belum pernah makan kimchi,
    gilo liat warnanya @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. merah darah gitu ya Un? :P

      Hapus
  13. Ini baru makanan aneh menurut saya. :D
    Dijamin saya nggak mau makan... hahaha...
    *saya anti makanan aneh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi enakkk lho rasanya, beneran deh :)

      Hapus
  14. Kalau memasak ini masih rumit buatku, Mbak. Yang simple itu bikin mi instan atau sereal. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga suka mie instan dan sereal fal :D

      Hapus
  15. wow masakan korea, belum pernah coba deh mbak tiesa, boleh ini di coba :D

    bumbu nya tinggal cemplung2 toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa masaknya cuma tinggal cemplungcemplung aja, ga susah :D

      Hapus
  16. ya ampun.. masakan korea ini adalah salah satu jenis makanan yg gak akan aku mau makan walopun belum mencoba deh.. bentuknya itu... ~_~

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena warnanya bukan nie? bentuknya yg mana yg bikin ga napsu?

      Hapus
  17. penasaran ma kimchi nya mba.. belum sempet nyari di carrefur sini ada yg instan ga ya...
    btw, mba ayuk ikutan giveaway pertama sya.. ga susah koq, temanya ttg passion;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ngga nemu lho di carrefour sini juga, saya nemunya di giant itu
      iyaa saya udh liat, pengen ikut, ini lg mencoba diketakketik dulu :D

      Hapus
  18. saya kira Rappoki itu masakan yang ditumis, nggak tahunya variasi dari mie rebus toh? Doh >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. variasi dr tteopokki sebenarnya krn yg jd bahan tambahan kan mie nya :D

      Hapus