Rabu, 06 Juni 2012

Galau: Seputar Ongkir

Sudah tahu dong ya kalau saya ini sedang merintis menjadi pengusaha a.k.a tukang dagang :D Nah yang mana dompetdompet dan passport case cantik jualan saya itu kan ngga saya pegang sendiri. Jadi kalau ada pesanan barulah saya datangkan langsung dari suppliernya. Kenapa? Ya untuk meminimalkan modal cyiiinnn. Lalulalu kan saya juga jualan sepatu yang mana kalau sepatu ini, stoknya saya pegang sendiri. Barulah saya menyadari soal ongkos kirim yang kok ternyata beda banget ya boookk.

Begini... untuk dompetdompet cantik itu, saya kirim langsung dari gudang di Pekanbaru, ngga melewati saya. Contohlah beberapa waktu lalu Mbak Irni yang gaul seantero Pontianak pesan dompet cantik ke saya. Saya cekcek ongkir dari Pekanbaru itu 26,000 saja, lah isenglah saya kalau dikirim dari Jakarta berapa yah, ternyata lebih mahal dooonk, 30,000 apa 32,000 gitu deh. Lalu adalagi kasus saya mau kirim ke Kupang, dari Pekanbaru itu 42,000 tapi dari Jakarta 44,000 dong. Padahal kalau ngeliat peta, sepertinya jarak dari Jakarta ke kedua tempat itu lebih dekat daripada dari Pekanbaru kan, kenapa ongkirnya bisa lebih mahal? Itulah yang jadi faktor saya ngga naro stok di Jakarta, kasian customernya juga bookkk ongkirnya lebih mahal.

Ada kasus lagi, ini seputar ongkir yang ngga match antara web dan agen di lapangan. Saya harus kirim sepatu ke customer di Banyumas. Yang mana karena hari Sabtu, saya kirim dari Bogor aja. Saya cek di web ongkirnya 18,500, ya udah sih yah dilempengin aja jadi 18,000 itungitung diskon 500 buat customer. Begitu transaksi sudah oke, uang sudah diterima, barang mau dikirim barulah masalah terjadi. Begitu sampai di agen, kok ya ongkirnya beda, 23,000 aja doong, hampir 5,000 itu bedanya. Hadeuuuhhhh >,< kalo 5,000 bedanya itu bukan diskon tapi bikin sini yang jualan rugi, hiks... Jadi tolong itu mimin momon JNE, tolong disesuaikan ongkir di web sama di agen, bedanya kalau 500-1,000 sih masih wajar, tapi kalau sampai 5,000 itu kalau kata bang Rhoma TERLALU.

Yah begitulah keluhan yang sedang saya alami belakangan ini, kegalauan soal ongkirongkir yang lumayan bikin sakit kepala. Sorry yahh nongolnongol malah bacanya ngeluh :p

Ehh siapa yang belum ikutan kontes gratisan novel Trave(Love)ing?? Cepetan, udah tanggal 6 nih, batas waktunya cuma sampai tanggal 10. Yang belum ikutan meluncur kemari yah Trave(Love)ing Terbit!

16 komentar:

  1. TIKI ama JNE jg beda cynnnnn..... *TERNYATA* *baru tau*
    Bedanya jg sampe 5rebu.
    Aku pernah loh, tanya ongkir ke TIKI dan kirimnya lewat JNE (ya maap, kirain same aje pan...). Eh ga taunya nombok 5rebu.

    BalasHapus
  2. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  3. Bisa nyoba Pos Indonesia sist untuk pengiriman ke Indonesia timur, sekarang udah profesional kok. Ada tracking juga. Kalo daerah-daerah yang jauh masih jago Pos. :)

    BalasHapus
  4. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pengalaman nih..
      he..he..
      mba, uah kukirim bukunya via tiki jne kta petugasnya 3 hari paling lama dah nyampe..;)

      Hapus
  5. Temanku yg jualan snacks online juga mengalami nasib sama denganmu Miss. Customer biasanya juga kan ikut ngecek daftar harga di website kurir yg kurang senonoh itu. Lah begitu dikirim di konter yg diwebsite sama yg di list internet beda. Yah repot dong dia tiap kali nombokin ongkos...Ikut bersimpati Miss :)

    BalasHapus
  6. berul kalo jualan, selisih seribu aja bisa merugi bandar loh...

    BalasHapus
  7. oh gitu yach...belum pengalaman utk urusan yang kyk beginian Tiesa...

    semoga didengar dech sama yang bersangkutan...

    BalasHapus
  8. kamu berarti belum tahu,ongkir JNE & TIKI memang pada dasarnya ditentukan berdasarkan kota disetiap daerah tapi untuk wilayah diluar Jawa kebanyakan ditentukan dari Keluarahan,Kabupaten yang terdekat dengan Counter Shipping tsb
    Jadi hasilnya tdk bisa di Track ongkir'a

    BalasHapus
  9. haha mimin nya males ngupdate website... lain kali kudu ditelp aja kali untuk konfirmasi ongkosnya...

    BalasHapus
  10. Wah, karena nggak pernah ngirim, mana tahu saya soal ginian... :)

    BalasHapus
  11. mending pake pos aja mbak, lebih murah, lagian pengirimannya hampir sama kok cepetnya!

    BalasHapus
  12. jne sama tiki e mang suka begitu tuh... makanya emang segala2nya mendingan ke pusatnya aja deh ;)

    BalasHapus
  13. Haha ..
    Antisipasi dini lebih baik, sebelum terlambat..
    Cek langsung di toko, jangan dulu di web :)

    Salam

    BalasHapus
  14. wah .. sola ongkir di sana aku belum mudeng Tiesa
    semoga dpt solusi terbaiknya ya
    emang bener kata mbah Rhoma, terlalu kalau sampai kelebihan lima ribu ongkirnya

    BalasHapus
  15. kalau dr pontianak.ke jakarta dibawah 1kg malah lebih murah loh ties. cuma 22 ribu gt.. soalnya aku kan sering pake jasa mereka buat ngirim brg.. tapi kalau kantor pos lebih murah lagi deh.. cuma 13ribuan aja..

    BalasHapus