Kamis, 07 Juni 2012

Namaku Alamanda

Ceritanya sebagai seorang perempuan, saya mau bahas soal bungabungaan sekarang. Kan katanya perempuan itu identik sama bunga, cantik kayak bunga, padahal ngga semua bunga cantik lho menurut saya sih. Macem bunga mawar yang tangkainya banyak durinya, buat saya sih ngga cantik, malah terkesan angkuh, ngga membumi banget. Kalau ditanya apakah saya suka bunga, saya akan bilang saya suka bunga apalagi bunga bank *ciyeee matre*. Tapi dikarenakan saya ini manusia yang musuhan banget sama tanaman, yang mana setiap kali disuruh ngurus tanaman yang ada tanamannya malah mati. Jadi saya lebih milih untuk berperan sebagai penonton aja, nikmatin bungabunga milik orang yang cantikcantik :D Aman, ngga akan bikin tanaman bunganya mati :D


Saya tahu bunga berwarna kuning gonjreng itu bernama Alamanda baru di tahun 2009. Telat ye neekkk... sebelum itu saya selalu menyebutnya bunga terompet kuning. Apalah pokoknya yang bentuknya macem terompetterompet itu saya pukul rata namanya bunga terompet yang bedain cuma warnanya aja. Sampai kemudian teman saya memberitahu ternyata namanya Alamanda. Bagus bookk ternyata namanya, feminin namanya. Mungkin bisa dipanggil Manda kapankapan ya nih bunga :p

Nama aslinya dia sebenarnya Allamanda cathartica, asalnya pun bukan dari Indonesia, imigran ternyata dia, dari Amerika Tengah dan Selatan, tapi banyak sekali ditemukan di Brazil. Mungkin karena iklimnya Indonesia miripmirip sama di tempat asalnya, makanya si Alamanda yang cantik ini bisa hidup tentram, aman, sentosa di negeri kita ini.

Tahu ngga sih, ternyata Alamanda ini bukan sekedar bunga yang dipakai untuk hiasan aja. Udah cantik, banyak punya manfaat pula. Kalau Alamanda ini perempuan seutuhnya pasti udah banyak banget yang antri mau ngelamar *out of focus*. Okeii kembali ke khasiat Alamanda, daun dari pohon Alamanda ini bisa dipakai sebagai penawar racun. Berdasarkan info yang saya dapat, cukup dengan ± 15 gram daun segar Alamanda, dicuci, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Nah...hasil saringannya ini diminum dua kali sama banyak dengan selang satu jam. Getah dari batang tanaman Alamanda sendiri, katanya bisa dipakai untuk mematikan belatung dan juga jentik nyamuk. Tuhh..yang di rumahnya punya Alamanda, daripada beli bubuk abate, pakai getah Alamanda aja buat ngilangin jentik nyamuk. Daunnya juga ternyata bisa dipakai sebagai obat luar untuk penyakit bisul dan kurap. Cukup dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, dan dibalurkan pada yang sakit. Yaa saya sih belum pernah coba, monggo kalau ada yang mau coba, nanti laporan ya berhasil sembuh ngga :D Ada lagi ngga yang tahu khasiat Alamanda ini?

Kalau bunga yang di atas ini saya ngga tahu bunga apa. Saya menemukannya waktu turun dari Bukit Sikunir. Bunganya kecilkecil tapi lebat sekali, pohonnya sendiri kecil. Warnanya yang kuning cerah, yang membuat saya tergoda buat mengabadikannya. Adakah yang tahu bunga dari tanaman apakah itu?

14 komentar:

  1. ibu saya kayaknya dulu pernah punya ini bunga, tapi mati gara2 kepanasan.. :D

    BalasHapus
  2. Nama keponakanku Amanda dan itu asalnya dari bunga Alamanda dan ternyata ini bunga terompet tohhhh! *baru ngeh*

    BalasHapus
  3. Huaaaa...nyerah gue kalo disuruh cari tau nama bunga nyang paleng bawah itu :p makluum.. walo gue cewek gue kagak suka bunga, kecuali bungabank kayak elo :p hihigiiii


    lam kenal dan ukhuwah ye sist :)

    BalasHapus
  4. xixixixi ga tau nama nama bunga !!! :D

    BalasHapus
  5. indahnya ya bu bungan itu,,,
    dirumah banyak bu,,,,hehehhe
    salam kenal ya

    BalasHapus
  6. Aku tau bunga alamanda sejak kelas 3 SD krn dulu banyak di kompleks perumahan tpt aku tinggal. Sama bunga kertas dan bunga kembang sepatu plus bunga cocor bebek, hehehe....

    BalasHapus
  7. salam kenal ya
    jika berkenan follow balik ya
    makasih....

    BalasHapus
  8. dulu unga terompet banyak di dekat rumahku. ukan warna kuning tapi warna merah ke pink-ngan kalo ngga salah :)

    BalasHapus
  9. wah kebetulan Tiesa, aku punya foto bunga alamanda, yg kupotret di ancol, blom tahu namanya, malah ketemu di sini, trims ya

    BalasHapus
  10. wew, alamanda ya namanya, hmmm, keren emang bungnya, anggun lagi, jadi pingin liatin terus :D

    BalasHapus
  11. alamanda ini dulunya "imigran" gelap atau legal yach...
    #abaikan

    BalasHapus
  12. waahh aku malah baru tahu namanya alamanda ties.. hahahaha... urusan nama bunga aku kibar bendera putih deh.. bisa ditanyain ke bunda monda atau mbak imelda deh..

    BalasHapus
  13. dan saya baru tahu kalo itu namanyan alamanda

    hehehe,
    lebih telat dari Miss :)
    dibawah langit masih ada langit hehehehe

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu yang bisa nyembuhin...
    Ada getahnya putih gitu alamanda~

    BalasHapus