Kamis, 23 Mei 2013

Seputar Makanan

Sudah hampir 3 minggu ini bahan makanan satu ini selalu hadir di meja makan. Apalagi kalau bukan garagara Papa yang selalu meminta dibuatkan makanan dengan bahan satu itu. 

Bahan makanan apa sih?

JENGKOL

Iya mentemen, Papa saya tuh doyaaaannn banget sama makanan satu itu. Dulu malah klop banget sama si bungsu, kalau soal makan jengkol. Bapak sama anak samasama doyan. Cuma entah kenapa si bungsu udah jaraaaaang banget ikutikutan makan jengkol sekarang.

Balik soal menu masakan, karena Papa udah mulai bosen ceritanya sama yang namanya lalap jengkol. Jadilah dimulai dari hari Minggu dua mingguan lalu, pulang dari pasar, Papa menenteng seperempat gram jengkol. Dicuci lalu direbus sendiri, masih dalam kondisi panas, Papa memberikan semangkuk jengkol itu ke hadapan saya dengan wajah penuh harap. 

"Bikinin rendang jengkol yah?" *untung ngomongnya ngga pake kedipkedip manja sih*

Saya pun cuma bisa melongo, kenapa saya yang diminta bikin yah :(. Manalah saya tega menolak permintaan Papa, ya sudah dibuatkan lah, walaupun belum pernah buat. Perdana pokoknya hari itu saya membuat rendang jengkol, bumbunya? Dikirakira aja, ngga bedabeda sama waktu bikin rendang daging. Begitu jadi, Papa bilang enak lho, waahh buka warung nasi aja apa yah gue, menunya rendang jengkol :D :D :D

Nah sejak itulah, Papa jadi semakin sering minta dibuatkan rendang jengkol. Kalau ngga rendang jengkol, semur jengkol, dua menu itu aja gantigantian menghiasi meja makan saya. Duuhhh...

Saya tahu sih sebenernya jengkol itu makanan dengan gizi tinggi, tapi baunya itu lho aku tak tahan TT_TT Meskipun sudah direbus dahulu, bau jengkol itu ngga bisa hilang 100%. Alhasil, setiap mau ke kamar mandi, Papa bawabawa karbol biar ngga diomelin Mama :D :D

Masih soal makanan, bukan jengkol lagi. Saya tipe yang agak susah jajan di luar, gampang mual dan pusing kalau harus jajanjajan di luar. Ketika ke kantor dan kebetulan tidak berpuasa, pasti saya membawa bekal makanan. Tapi, saya ngga bisa kalau bekalnya bukan terdiri dari nasi, dua macam lauk dan sayur. Nah ceritanya waktu hari Selasa kemarin, saat saya membungkus bekal makan, terjadi percakapan antara saya dan Mama.
Mama: "Kamu inget ngga omongan Mbak Panti kemarin?"
Saya: "Hah?"
Mama: "Iya dia bilang kan 'alhamdulillah kami ngga sulit Mbak ngurus adikadik disini, soal makanan kami biasanya cuma satu macam aja. Nasi dengan ikan saja, atau nasi dengan sayur saja, paling cuma ditambahin kerupuk sama kecap aja' inget ga?"
Saya: *ngangguk* "hooh"
Mama: "Kamu kan kalau lauknya ngga dua, suka pundung, kalau ngga ada sayur ngambek"
Saya: "......................."
Terus pas jam makan siang, lagi makan enakenak si misisboss tautau nyeletuk:
"Cuy...lo kalau makan lauknya ngga dua suka ngegerutu kan? Inget ga lo sama anakanak panti kemaren? Makannya cuma semacem aja, ngga pernah doubledouble"

(-_____________-!)

Iyeehh, sebenernya momen pas ngobrolngobrol di panti waktu Minggu kemarin, pas bahasbahas soal makan, akyu pun tersindir kakakk. Tapi mbok ya udah yah, kenapah semua jadi memojokkan akuuhh, huaaaa *nangis kejer*

Paling ngga ada hikmahnya, ada pelajaran yang bisa diambil, garagara ke panti kemarin, mudahmudahan saya jadi bisa lebih bersyukur, ngga pundungan lagi cuma garagara lauk kurang satu :D

Have a nice day!! :D

12 komentar:

  1. hihihihi Jengkol kayaknya ga akan pernah mati yee Ties...:D

    keluargaku di bekesyong (bekasi), juga suka banget ama jengkol, nah kalo nyokap pasti bikinnya di balado..nyam nyam nyam..etapi kayaknya kalo direndang maknyuss juga yaak.. *slruupppt*

    BalasHapus
  2. wah...kalo urusannya sampe makan sama makanan yg satu ini...di jamin mesti nambah...deh hehe :)

    apalagi kalo di bikin rendang....bisa mertua lewat di balik tembok...ga keliatan...deh sanking nikmatnya..ya mbak..wkwk :)

    BalasHapus
  3. banyak ya orang suka makan jengkol. gua gak pernah sih makan jengkol tapi kok gak pengen ya. hahahaa

    BalasHapus
  4. solusi kalo abis makan jengkol supaya ngga bau jengkol, coba lalapan pete dua papan abis makan jengkol mbak.. :D

    BalasHapus
  5. kalo rendang jengkol mah kakaknya dhe suka banget itu mis. tapi kalo dhe entah kenapa masih nggak suka, rasanya itu pahit. tapi kalo dibikin kerupuk, dhe suka kerupuk jengkol. :D

    BalasHapus
  6. aku juga gak suka jengkol. dari dulu paling anti sama jengkol. Tapi kalo pete itu salah satu kesukaan aku... hahahaha

    BalasHapus
  7. saya sangat suka cara anda mempermainkan kata yang membalut perasaan hingga tercipta suasana yang mempermainkan emosi saya sebagai pembaca. Sukses trus Indonesia kalem aja hahaha
    Place ADS

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kalau aku ti. cukup nasi sayur sama ikan asin aja udah memuaskan bgt :D

    BalasHapus
  10. Seputar jengkol nih mestinya judulnya. :)

    BalasHapus
  11. Denger denger sekarang jengkol lagi mahal ya mbak ? ..

    BalasHapus